Hari ini gue mau cerita nih tentang pengalaman gue KKN, KKN itu artinya (Kuliah Kerja Nyata) bukan (Kisah Kasih Nyata). Kalo yang belum tau KKN itu apa, sini gue jelasin. KKN itu, kita ditugaskan untuk memberdayakan Masyarakat, dengan cara membagi ilmu kita, yang sudah dipelajari di Universitas, terus di share ke Masyarakat. Dan tidak hanya itu, kita juga banyak belajar dari Masyarakat. Kita menjadi tau cara bersosialisasi, berbaur dengan Bapak-bapak RW/RT, Ibu-ibu RW atau Ibu-ibu PKK lainya. Intinya kita di sini saling berbagi ilmu.
Pada 26 Agustus 2013, gue
ditempatkan di daerah Babelan, lebih tepatnya di kelurahan Bahagia. Tuh kan...
Kelurahannya aja namanya udah Bahagia, apalagi yang melaksanakan KKNnya pasti
bahagia juga. :D
Dan sasaran
target kelompok gue ada 4 RW, yaitu RW 33, 35, 37, dan 46.
Selama KKN
ini, tepatnya 1 bulan, gue bencengkrama dengan orang-orang yang beda jurusan,
beda fakultas dan juga beda kelas. 1 kelompok ada 17 orang, dan kelasnya juga
berbeda-beda, ada kelas reguler pagi, reguler malem, atau kelas ektensi. gue
kelompok 5. Dari 17 orang ini, waktu awal KKN gue masih canggung atau kaku, gue
bingung, kalo mau nyapa mereka harus bilang apa. kakak, atau abang, atau tante,
atau juga om. Jujur gue berasa culun kalo mangil senior dengan sebutan kakak.
Halah, gitu aja dipermasalahkan!
Ya wajar aja
si, karena gue belom kenal namanya semua, dan gue juga gak tau mereka itu
senior gue, atau satu angkatan sama gue. Atau umurnya sama kaya gue atau juga
di bawah gue.
Lah? Ko masih
dipermasalahkan sih!
Selama sebulan gue dan kawan-kawan
sibuk merancang program-program untuk masyarakat. Oh iya, walaupun dikelompok
gue ada 17 orang tapi yang aktif banged atau yang setiap harinya pasti ketemu,
itu cuma 8 orang, sisa 9 orang itu sibuk kerja semua. Paling mereka bisa hadir
saat weakand doank. Gue mau cerita yang 8 orang aja ya. Yang setiap hari sampai
bosan ketemu gue melulu.
Mau tau di
dalam 8 orang ini ada siapa aja? Tenang, bakal gue ceritain tentang mereka dan
kebiasan mereka ketika KKN, Oke, gue absen satu per satu ya.
Ada yang
namanya Ridho, Jessi Carina, Oky Amanda, Fauziah, Siti Nurjanah, Hasiah,
Zulfah, dan terakhir gue, Anwar. Ini lah teman-teman yang setiap hari ketemu di
lokasi KKN, mereka semua pintar, baik, asik, kreatif, selalu ceria dan bahagia.
Mau tau
jabatan mereka juga? Tenang aja semua gue share di sini.
Untuk ketua
kelompok yaitu Ridho, nah ini temen gue yang paling setia sama gue di lokasi
KKN, karena apa? Karena cowo yang aktif di kelompok gue ini cuma Ridho sama gue
doank. Yang 2 cowo lainnya sibuk kerja. yaitu Pak Samono, dan Saman. Mungkin
gue dan Ridho menjadi cowo yang paling ganteng diantara cewe-cewe yang satu
kelompok sama gue. Hehehe pada
muntah ya? Sorry…
| Ini yang namanya Ridho, ketua kelompok 5. |
Ridho ini
orangnya sangat pendiem, tapi makannya kuat. Gue juga heran. Dan dia walaupun
terkadang ngeselin, tapi dia orangnya emang ngeselin sih. Terus dia asik,
kreatif orangnya. kalo diajak becanda, dia serius. Tapi kalo diajak serius, dia
malah bercanda. Ngeselin gak? Dan dia juga satu kost sama gue dan juga satu
jurusan di Fakultas Ekonomi. Dia anaknya rajin ibadah. Sholat selalu full 5
waktu. Jujur, selama KKN gue jadi rajin banget sholat, temasuk sholat Shubuh.
Kaga pernah bolong 5 waktu. Ya pernah sih bolong. Tapi gak banyak kaya hari-hari
di rumah. Gue banyak belajar dari Ridho yang selalu sholat Full 5 waktu. Dan
gue gak akan pernah lupa, dengan sabetan sarungnya ketika dia bangunin gue
untuk sholat Shubuh. :')
“WAR! Kunci di
atas pintu, di tempat biasa, pojok atas sebelah kanan.” kata-kata itu lah yang
selalu gue inget ketika Ridho ninggalin Rumah kostan untuk pergi.
Untuk wakil
ketuanya, yaitu Jessi Carinna. Dia dari jurusan Ilmu Komunikasi semester 7,
udah tua ya? :p
| Jessi Carinna |
kalo dia
menurut gue orangnya asik, baik, pintar, tapi sering BT (sama gue). Entahlah
kenapa. Dan pernah, Gue jadi korban ke-BT-an-nya. Ketika dia bonceng motor gue,
dan kebetulan dia BT, akhirnya gue yang kena. Dan dia diemin gue selama perjalanan.
Gue nanya pun gak dijawab, sekalinya dijawab tapi dikit. Hanya sepatah dua
kata. Itu yang kurang asik! Tapi dia pintar, dia asik oramgnya, dan dia dewasa.
Dia sering nasehatin gue, dan tak lupa mengingatkan gue ketika gue lupa akan
bersyukur. Dan dia juga sering marahin gue ketika gue ngomong kasar. Thanks
Jessi! :) intinya dia suka kepo orangnya. Hehe.. Ada satu hal yang gue inget
dari Jessi, dan mungkin gak pernah lupa, dia suka Ayam Goreng!!! atau sejenis
Ayam lainnya. Karena apa? Ayam juga salah satu makanan favorit gue. Okeh.. Kita
sama! toss, Jessi. :')
Untuk seksi
bendahara, ada Oky Amanda, Faujiah, dan Hasiah.
“Bendahara ko
banyak banget sih?”
“gue juga gak
tau kenapa! Mungkin duitnya selalu berpindah-pindah tergantung posisi mereka
berada.”
| Okky Amanda |
Nah, kalo Okky
ini orangnya baik, pintar juga, asik diajak bercanda, tapi kalo udah ngambek.
Parah deh. Mukanya ditekuk sampe kaya bungkusan Nasi Uduk. Hati-hati aja dah,
gue mah bilangin aja. ;)) dan kalo soal makanan, dia orangnya gak doyan pedes!
Hahahah cupu banged ya!!? sama kaya gue sih. :|
Udah jangan
dibahas!!
Sebelum KKN,
gue juga udah kenal sama Okky, karena satu fakultas, dia sama semester 5 juga,
Jadi udah akrab. Tapi, Okky akhir-akhir ini yang sering gue liat dia rentan
galau. Entahlah… gue gak kepo untuk hal itu.
Dan untuk
Fauziah, dia ini anak Ilmu Komunikasi semester 7, tua ya? Udah semester 7. :D temennya
Jessi juga.
| Fauziah Cahyani |
Gue agak kurang akrab sama dia, gak kaya cewe-cewe lainnya. soalnya
dia pendiem banget. Dia ngomong secukupnya. Mungkin dia orangnya irit bahan
bakar. Tapi kalo dia ngomong suaranya lucu. Terus kalo sekalinya nge-banyol dia
orangnya lucu jugak! Asik pokonya lah.
Kalo soal
makanan dia selalu makan separo piring, jadi piringnya di belah dua, gitu?
Bukan.. Bukan gitu maksud gue. Dia makannya dikit, kalo dibandingin sama anak
ayam, mungkin banyakan anak ayam makannya. Terus kalo makan, dia biasanya
sepiring ber-2.
Untuk Hasiah,
dia ini anak dari jurusan Pertanian semester 7, udah tua ya? :p
| Hasiah, orangnya yang pakai Almamater, sebelah kiri. jelas?! |
Hasiah ini tiap hari juga dia mungkin
bermainnya dengan cangkul, pupuk kandang, atau taneman-taneman yang mirip sama
dia. Entahlah apa itu. Sebelumnya gue belum kenal sama dia, lambat laun gue udah
mulai akrab sama dia. kata temen-temen gue yang satu kelompok sama gue, dia
orangnya absurd. Padahal.. emang iya sih, ada benernya juga. Tapi dia asik
diajak becandanya. Lucu juga orangnya. Gampang ketawa. Dan gampang juga
diketawain.
Untuk
seksi Sekertaris ada Zulfah, nah ini dia! Zulfah ini dari Fakultas Ekonomi
jurusan Akuntansi semester 5.
| Zulfah Zainudin |
Sebelumnya juga gue udah kenal sama dia, tapi
belom akrab banget. Dan lebih akbrabnya di KKN. Zulfah ini terkenal dengan
logat betawinya yang medok. Pernah dia gue ajak ngomong betawi. Eh, akhirnya
gue juga jadi ketularan ngomong betawi. Jujur, kalo kita tau bahasa betawi dan
ngomong sama orang betawinya langsung. Itu asik lohc! Zulfah ini suara
ketawanya lucu. Pokonya kalo dia ngomong atau ketawa ciri khas banget deh
suaranya. Kalo dia ngomong atau ketawa pasti gue tawain.
Tapi kalo
soal ngaji atau nyanyi jangan diragukan lagi deh kemampuanya. Beuhhh.. Yang
denger kupingnya pasti langsung pada katarak.
Siti
Nurjanah, sebelumnya gue udah akrab sama dia, karena satu jurusan juga sama
gue, semseter 5 juga.
| Siti Nurjanah |
Siti itu orangnya pendiam, dia baik, terus penyayang anak
kecil, karena dia udah dikenal sebagai guru TK yang penyayang, dan juga guru TK
atau Paud yang profesional di sekolahnya sendiri. Pokonya kalo dia ngajar
anak-anak TK atau Paud. Beuuuhhh.. jangan diragukan lagi deh, anak-anak pada
nangiss semuanya diajar dia. Heheh bohong, gue cuma becanda ko. Ya pokonya gitu
lah. Siti orangnya Slow but sure. :)
Dan yang
terkahir gue, Anwar.
"Mana fotonya??? ko gak ada???"
"Sssttt.. gak usah ah"
Gue menjabat
di kelompok 5 ini sebagai sekertaris. Dalam hati gue, "Masa gue sekertaris
sih?" "Secara gue macho, keren, berotot pada bagian perut, masa jadi
sekrtaris sih?" Kan gak cucok banged! dan Gue agak keberatan juga.
tapi karena
gue males menjabat sebagai sekertaris, akhirnya gue pindah jabatan sebagai
seksi Humas. Ya intinya mah gue males jadi sekertaris. Hehehehe.
Dan untuk
penilain tentang diri gue, gue gak bisa nilai diri gue sendiri. Biar kalian
semua yang nilai diri gue ini. silahkan aja berkomentar tentang diri gue, di
kolam komentar blog gue, jangan di kolam ikan, ataupun empang. *krik *krik
*hening..*
Selama
sebulan, gue dan kawan-kawan merancang program-program untuk ke-4 RW.
Programnya ada; Pelatihan Penyusunan Profil Posdaya, Pelatihan Jurnalistik,
Seminar Parenting, Kebun Gizi, Pelatihan Pembukuan, Pelatihan Surat Menyurat,
Sparing Volly antar RW, Taman Asri, TPA, PAUD, Bimbel Matematika, Bimbel B.
Inggris, Senam Pagi, dan yang terakhir Bussines Day.
Padet banget
kan? Jelas.. Orang-orang yang ngeliat jadwal kelompok 5 gue ini. Pasti gigit
jari. Kelompok gue ini waktu santainya tuh cuma siang hari, yang sibuk tuh pagi
sama malem. Keren kan? walaupun jadwal padet. Tapi tetep, kita harus
menyempatkan diri untuk bobo siang.
Oh iya gue mau nunjukin fhoto rumah kost gue nih, rumah KKN gue. :')
![]() |
| Foto ini diambil pagi hari sebelum perpisahan. :') |
Kesan suka
dukanya selama KKN.
emm... Bicara
tentang suka dukanya, kalo sukanya ; Nambah pengalaman, kenal dengan teman baru
dan hal baru. banyak teman juga, dan akhirnya bisa ngerasain jadi anak kost
sesungguhnya.
Kalo dukanya ;
Tidur dengan beralasan karpet tipis, diciumin nyamuk, maen panas-panasan setiap
hari, jalanan rusak, berdebu juga. Muka jadi hitam, berjerawat pula, Dan
jemputin anak cewe setiap pagi karena kurang motor jadi terpaksa boti (bonceng
tiga), sampe motor gue susppensionnya bunyi. Ngik.. Ngik.. Parah kan? Tapi
gara-gara boti ada hikmahnya juga, kebersamaan kita menjadi lebih dekat.
Tertawa bersama di atas motor, terus jadi pusat perhatian banyak orang. Ngakak
di jalan kaga tau malu, dan berhenti sejenak untuk membeli Capcin. ouhh segarnya... Ya begitu
lah.. :')
KKN pun
selesai, semua program-program sudah terlaksana. Tepat pada 20 September 2013.
Kita di tarik dari Universitas untuk kembali pulang. Tapi sebelumnya, semua kelompok
dikumpulkan di Kelurahan Bahagia. Senang, sedih, campur aduk semua. Senangnya,
gue bisa berjumpa dengan kasur gue, guling gue, sahabat-sahabat di Band gue,
teman-teman tongkrongan gue. Tapi kalo sedihnya, kita yang sudah akrab,
menemukan sesuatu hal baru, teman baru di tempat KKN, ketika nyaman dengan
sesuatu yang baru dan harus berpisah begitu saja. :'|
Tak lupa kita
semua berjabat tangan, berfoto-foto, berpelukan, cipika-cipiki (kalo buat yang
cewe).
Thanks KKN
dan teman-teman. Gue dapet hal baru dari KKN ini. Contohnya; Cara nyuci baju manual
ala Ridho. Cara nanem Bayem Korea ala Hasiah. Dan banyak lagi.
Walaupun
sebentar, tapi cukup udah buat muka gue tambah hitam.
Selamat
kembali ke alam masing-masing kawan. Semoga kalian selalu berbahagia semua,
walaupun gak ada gue. Gue rindu kalian semua, gak akan gue lupakan kenangan
kita bersama selam KKN. Semoga kita bisa selalu berjumpa di lain waktu.
Ini
fhoto-fhoto gue selama KKN.
| Gpp deh foto gue mulutnya lagi mengok, yang penting Foto bersama ketua kelompok 5. suatu kebanggan khusus bisa fhoto bareng Ridho dengan mukanya yang kaga ditutupin tangannya. :D |
| Foto diambil setelah senam pagi . |
| Fhoto diabadikan setelah Seminar Kewirausahaan. |
| Masak-masak dan makan-makan. |
| Di Sekertariat RW 33, setelah rapat Launching Paud. |
| Foto bersama ibu-ibu PKK acara Posyandu, tapi fhoto gue belum siap. :( |
| Foto Sparing Volly antar RW |
| Foto sebelum bertanding |
| Sebelum bertanding Volly, diawali dengan berdoa |
| ini Supporter Mahasiswa KKN, banyak ya... sampe gak ke hitung |
Sebenernya masih banyak lagi fhoto-fhotonya, ini hanya sebagian kecil doank ko. hehe. Bye. :* :)

