Ini cerita gue bersama Ridho, temen gue yang paling nyebelin di kelas Manajemen Sore.
Waktu Kamis siang setelah kuliah Pak Rusham, gue
menuju masjid kampus bersama Ardi, dan Ridho untuk melaksanakan sholat zuhur.
Setelah sholat zuhur gue bertanya sama Ardi tentang perut yang laper ini.
“Di, lu laper gak?” tanya gue ke Ardi.
“Gue kenyang War, tadi gue udah
makan pagi.” Jawab Ardi dengan nada lemah gemulai.
“Ya makan lagi lagi lah, sekarang
kan udah waktunya makan siang.”
“Ah gak ah, gue masih kenyang War,
lu aja ya sana duluan.”
“Ya udah lah.” Sahut gue ke Ardi
dengan nada datar.
Gue tau Ardi lagi Diet, makanya dia gue ajakin makan
siang gak mau, biasanya dia paling getol yang namanya makan. :D
Tiba-tiba Ridho datang menghampiri gue dan Ardi,
yang sedang duduk di teras masjid sambil melihat daun-daun pepohonan yang
sedang gugur berjatuhan.
“Lu laper War? Yuk makan yuk..” Tanya Ridho kepada
gue untuk ngajak gue makan.
“Ya udah ayo do, kita nyari makan.” jawab gue
kepada Ridho untuk menerima ajakin itu.
Kita ber-2 menuju parkiran kampus dengan berjalaan
dalam keadaan lemas tak berdaya karena kelaparan.
Sesampainya di parkiran, gue makai motor Ridho buat
beli makanan.
Karena waktu itu gue ke kampus lagi tanggal merah,
makanya kanti-kantin kampus pada tutup. Dan akhirnya gue sama Ridho nyari makan
di luar Kampus.
Dalam perjalanan, gue dan Ridho masih bingung mau
makan apaan..
“Makan yang murah-murah aja War.”
“Nah, kita makan di Padang aja Do yang 8rb-an, udah
pake Ayam.”
“Jangan Padang War, kemahalan.. kita nyari Warteg
aja yang murah, yang gocengan.” Sahut ridho bernada lemas menunjukan bahwa dia
sedang mengalami krisis ekonomi.
Karena gue sedang ngirit uang, omongan Ridho buat
ngajak makan di Warteg ada benernya juga.
“Ya udah Do, kita makan di Warteg aja.” Teriak gue
menerima ajakan Ridho.
Gue geber motor Ridho, Honda CS1 hitam lansiran
tahun 2009 itu menuju Warteg.
Sesampainya di Warteg, gue langsung mesen makanan
favorit gue.
“Mau makan apaan Mas? Tanya Embak
Warteg kepada gue.
“ Emm… saya pesen Nasi, lauknya
Telor Dadar, Capcai sama gorengannya satu. Terus minumnya Es Tawar ya Mbak.”
“Ya, tunggu sebentar ya Mas.”
Setelah makanan datang, gue langsung makan secara
brutal-brutalan.
Dan giliran Ridho yang pesan makannannya, ini Percakapan
Ridho dengan Embak Warteg menggunakan bahasa Tegal yang udah gue translate.
“ Mau makan apa Mas?” Tanya Embak Warteg kepada
Ridho.
“emm… kalo saya pesen Nasi, Kangkung sama Telor
Dadar, terus minummnya Air Putih. Oh ya sama Gorengannya 2.” Sahut Ridho dengan
nada medok logat Jawa.
“Tunggu sebentar ya Mas..” Jawab halus dari Embak
Wartegnya.
Setelah makanan datang, Ridho pun makan dengan
membabi buta gak karuan.
Sekitar waktu 10 menita-an gue menghabisi makanan
itu.
Dan nasi sepring pun telah masuk ke perut gue dengan
berselancar indah melalui usus-usus gue. Setelah nasi turun ke perut, gue langsung menyudahi drama-drama acara adegan makan bersama Ridho.
“Berapa Mbak? Nasi, lauknya pake Capcai, Telor Dadar sama
gorengan 1, terus minumnya Es Tawar?”
“emmm… jadi 9rb mas.”
“APAH MBAK?!!!” teriak gue pura-pura gak denger dan
berharap embaknya salah ngitung.
“Jadi 9rb Massssss!”
*Hening..* *Hening banget*
“Yaudah Embak.” Sahut gue sambil ngeluarin uang
gocengan satu, dan dua ribuan lecek 2 sambil kesel menghadap muka Ridho.
“Makasaih ya Mas..” kata embak-embaknya.
“iya mbak” :'(
“Emmm… kalo Masnya pake lauk apa?” Tanya embaknya
kepada Ridho..
“Kalo saya Mbak, pake Kangkung sama Telor Dadar,
gorengannya 2, terus minummnya Air Putih.”
“Jadi 9rb Mas…”
*Hening* *Hening pake banget* Ridho terdiam melongo
mendengar embaknya mengucap kata 9rb.
Dalam hati gue, “HAHAH!!! Makan tuh Warteg
Gocengan!”
Selesai membayar, gue dan Ridho balik menuju ke arah
kampus lagi.
Dalam perjalanan..
“Ah sial lu Do, mau ngirit malah jadi kepirit!”
Sahut gue dengan nada kesal karena makan Warteg lebih mahal dari makan Padang
yang 8rb-an.”
“HAHA! Iya ya War, ternyata mahal makan di Warteg
situ, niatnya mau ngirit, eh malah jadi begini.” Jawab Ridho seperti tanpa dosa sambil tertawa.
dan kita pun tawa tebahak-bahak di atas motor. :’)
Gue kembali geber motor Ridho menuju kampus lagi
dan melupakan kenangan ter-irit itu.
