Jumat, 08 November 2013

Mau Irit jadi Gak Irit


       Ini cerita gue bersama Ridho, temen gue yang paling nyebelin di kelas Manajemen Sore.
Waktu Kamis siang setelah kuliah Pak Rusham, gue menuju masjid kampus bersama Ardi, dan Ridho untuk melaksanakan sholat zuhur. Setelah sholat zuhur gue bertanya sama Ardi tentang perut yang laper ini.

“Di, lu laper gak?” tanya gue ke Ardi.
“Gue kenyang War, tadi gue udah makan pagi.” Jawab Ardi dengan nada lemah gemulai.
“Ya makan lagi lagi lah, sekarang kan udah waktunya makan siang.”
“Ah gak ah, gue masih kenyang War, lu aja ya sana duluan.”
“Ya udah lah.” Sahut gue ke Ardi dengan nada datar.

Gue tau Ardi lagi Diet, makanya dia gue ajakin makan siang gak mau, biasanya dia paling getol yang namanya makan. :D

Tiba-tiba Ridho datang menghampiri gue dan Ardi, yang sedang duduk di teras masjid sambil melihat daun-daun pepohonan yang sedang gugur berjatuhan.

“Lu laper War? Yuk makan yuk..” Tanya Ridho kepada gue untuk ngajak gue makan.
“Ya udah ayo do, kita nyari makan.” jawab gue kepada Ridho untuk menerima ajakin itu.

Kita ber-2 menuju parkiran kampus dengan berjalaan dalam keadaan lemas tak berdaya karena kelaparan.

Sesampainya di parkiran, gue makai motor Ridho buat beli makanan.

Karena waktu itu gue ke kampus lagi tanggal merah, makanya kanti-kantin kampus pada tutup. Dan akhirnya gue sama Ridho nyari makan di luar Kampus.

Dalam perjalanan, gue dan Ridho masih bingung mau makan apaan..

“Do, makan apaan nih kita?”
“Makan yang murah-murah aja War.”
“Nah, kita makan di Padang aja Do yang 8rb-an, udah pake Ayam.”
“Jangan Padang War, kemahalan.. kita nyari Warteg aja yang murah, yang gocengan.” Sahut ridho bernada lemas menunjukan bahwa dia sedang mengalami krisis ekonomi.

Karena gue sedang ngirit uang, omongan Ridho buat ngajak makan di Warteg ada benernya juga.

“Ya udah Do, kita makan di Warteg aja.” Teriak gue menerima ajakan Ridho.

Gue geber motor Ridho, Honda CS1 hitam lansiran tahun 2009 itu menuju Warteg.



Sesampainya di Warteg, gue langsung mesen makanan favorit gue.

“Mau makan apaan Mas? Tanya Embak Warteg kepada gue.
“ Emm… saya pesen Nasi, lauknya Telor Dadar, Capcai sama gorengannya satu. Terus minumnya Es Tawar ya Mbak.”
“Ya, tunggu sebentar ya Mas.”

Setelah makanan datang, gue langsung makan secara brutal-brutalan.

Dan giliran Ridho yang pesan makannannya, ini Percakapan Ridho dengan Embak Warteg menggunakan bahasa Tegal yang udah gue translate.

“ Mau makan apa Mas?” Tanya Embak Warteg kepada Ridho.
“emm… kalo saya pesen Nasi, Kangkung sama Telor Dadar, terus minummnya Air Putih. Oh ya sama Gorengannya 2.” Sahut Ridho dengan nada medok logat Jawa.
“Tunggu sebentar ya Mas..” Jawab halus dari Embak Wartegnya.

Setelah makanan datang, Ridho pun makan dengan membabi buta gak karuan.

Sekitar waktu 10 menita-an gue menghabisi makanan itu.
Dan nasi sepring pun telah masuk ke perut gue dengan berselancar indah melalui usus-usus gue. Setelah nasi turun ke perut, gue langsung menyudahi drama-drama acara adegan makan bersama Ridho.

“Berapa Mbak? Nasi, lauknya pake Capcai, Telor Dadar sama gorengan 1, terus minumnya Es Tawar?”
“emmm… jadi 9rb mas.”
“APAH MBAK?!!!” teriak gue pura-pura gak denger dan berharap embaknya salah ngitung.
“Jadi 9rb Massssss!”
*Hening..* *Hening banget*
“Yaudah Embak.” Sahut gue sambil ngeluarin uang gocengan satu, dan dua ribuan lecek 2 sambil kesel menghadap muka Ridho.
“Makasaih ya Mas..” kata embak-embaknya.
“iya mbak” :'(

“Emmm… kalo Masnya pake lauk apa?” Tanya embaknya kepada Ridho..
“Kalo saya Mbak, pake Kangkung sama Telor Dadar, gorengannya 2, terus minummnya Air Putih.”
“Jadi 9rb Mas…”
*Hening* *Hening pake banget* Ridho terdiam melongo mendengar embaknya mengucap kata 9rb.

Dalam hati gue, “HAHAH!!! Makan tuh Warteg Gocengan!”

Selesai membayar, gue dan Ridho balik menuju ke arah kampus lagi.
Dalam perjalanan..

“Ah sial lu Do, mau ngirit malah jadi kepirit!” Sahut gue dengan nada kesal karena makan Warteg lebih mahal dari makan Padang yang 8rb-an.”
“HAHA! Iya ya War, ternyata mahal makan di Warteg situ, niatnya mau ngirit, eh malah jadi begini.” Jawab Ridho seperti tanpa dosa sambil tertawa.

dan kita pun tawa tebahak-bahak di atas motor. :’)

Gue kembali geber motor Ridho menuju kampus lagi dan melupakan kenangan ter-irit itu.